Senin, 22 Februari 2010

Review Ekonomi Politik Komunikasi Buku Vincent Mosco

Komodifikasi Pintu Masuk Memahami Ekonomi Politik Komunikasi
Menurut hasil pembacaan saya dari buku ekonomi politik komunikasi yang di tulis oleh Vincent Mosco. Dia telah mencoba melakukan sesuatu yang mengagumkan untuk dunia pembelajaran komunikasi. Mosco memberikan sebuah penjelasan untuk menempatkan kedudukan ekonomi politik dalam bukunya, yang ingin disanding dan memfokuskan dengan pengkajian komunikasi. Bahwa ekonomi politik komunikasi adalah sebuah pengkajian yang secara umum digunakan untuk memadukan kerangka teoritik komunikasi dengan kerangka teoritik politik dan ekonomi. Ketertarikan pada kajian ekonomi dan politik menjadikan komunikasi sebagai ranah yang rentan terhadap pengaruh keduanya.
Dalam penjelasannya, Mosco memetakan terlebih dahulu kedudukan ekonomi politik dan ekonomi politik komunikasi. Berawal dengan menjelaskan ekonomi politik klasik dari Adam Smith. David Ricardo, dan lain-lain. Buku ini memiliki banyak kekuatan lain juga. Terutama pandangan Mosco dan penegasan kembali terhadap pandangan kritis serta posisi epistemologis realis ekonomi politik. Penjabaran ekonomi politik yang disampaikan Mosco didasarkan pada berbagai definisi dengan menawarkan gambaran singkat mengenai perkembangan disiplin ilmu dan pendekatan utama melalui sejarah munculnya ekonomi politik.
Bagian pertama buku ini, menawarkan peta ekonomi politik secara umum (Bab 2) dan ekonomi politik komunikasi seperti itu (Bab 3). Menghindari pendekatan esensialis, Mosco menawarkan beberapa definisi ekonomi politik, yang boleh dibilang yang paling berguna adalah "studi tentang hubungan sosial, khususnya hubungan kekuasaan, yang saling merupakan produksi, distribusi, dan konsumsi sumber daya" Hal tersebut merupakan konsep awal menelaah ekonomi politik, seperti juga yang di gagas oleh Gamham : “In order to understand the structure of our culture, its production. consumption and reproduction and of the role of the mass media in that process, we need to confront some of the central questions of political economy in general”. (Gamham. 1979: 129). Kemudian, sikap ini kelihatan jelas, dari konsep relativisme dari postmodernis dan bahkan reduksionisme dan determinisme dari beberapa ahli ekonomi politik ortodoks. Sebaliknya, Mosco berpendapat untuk epistemologi yang realis, inklusif dan pluralis, kritis dan refleksif diri, dan yang mengakui di mana-mana perubahan sosial dan proses sosial memprioritaskan atas statis. Selanjutnya secara lebih mendalam Mosco menjabarkan pembacaannya, terhadap pandangan serta penjabaran konservatif dan kritik Marxis terhadap dunia ekonomi politik. Mosco menelusuri akar awal bidang ekonomi politik klasik dan kritik radikal itu (terutama konsep Marx), yang kemudian turun ke ekonomi neo-klasik, dan yang lebih baru alternatif terhadap neo-ortodoksi klasik, neo-konservatif termasuk tinjauan , Veblen dan kelembagaan Galbraith ekonomi, dan Marxis, feminis, dan versi lingkungan ekonomi politik.
Dalam bagian selanjutnya, Mosco memulai tugas menentukan ekonomi politik sebagai bidang yang diminati, yang khas, dalam komunikasi. Menguraikan intelektual sosial dan pengaruh pada munculnya disiplin dan bentuk-pengaruh ekonomi politik komunikasi mulai dari keterkaitan peningkatan konsumsi massa dan media sebagai bisnis besar, reaksi terhadap behaviorisme dan neo-klasik ekonomi didasarkan pada pembelajaran dan pembuatan kebijakan komunikasi.
Melalui tulisan ini, kemudian dia beralih ke tugas yang menguraikan bidang tradisi utama, sebuah tugas yang dapat diupayakan dalam menjelaskan ekonomi politik, yang berkisar dari kepemilikan historis dan penelitian yang berlaku di Amerika Utara, kemudian menjelaskan untuk perdebatan mengenai dugaan konvergensi ekonomi politik kritis dan liberal-pluralisme di Eropa, Selanjutnya, untuk berbagai versi dan teori ketergantungan neo-developmentalisme kritis. Tentunya tulisan ini menyimpulkan dan menyarankan dua asumsi, dan perbedaan atas apa yang harus foregrounded: ekonomi global atau perusahaan media; kelas, gender, atau ras; struktur kelembagaan, teks-teks media, atau penerimaan dalam hubungan sosial.
Dalam Konsep teoritik Mosco, selanjutnya dalam bukunya menjelaskan “aktivitas” ekonomi politik, yang juga merupakan entry point´ atau “pintu masuk” untuk menjelaskan fenomena ekonomi politik media atau komunikasi terdiri dari 3 bagian, yaitu: komodifikasi (Commodification), spasialisasi (Spasialisasi), dan strukturasi. Namun saya dalam tulisan ini hanya ingin menjabarkan pintu masuk ekonomi politik media dari konsep komodifikasi saja, dalam hal ini komodifikasi adalah transformasi nilai guna menjadi nilai tukar. Konsep ini mengacu pada pemangfaatan barang dan jasa yang dilihat dari kegunaannya yang kemudian ditransformasikan menjadi komoditas yang dinilai dari maknanya di pasar. Dari hasil bacaan saya, terlihat bahwa gagasan komodifikasi merupakan perluasan lebih lanjut dari logika Marxis.
Komodifikasi berkaitan dengan proses transformasi barang dan jasa dari nilai gunanya menjadi komoditas yang berorientasi pada nilai tukarnya di pasar. Proses transformasi dari nilai guna menjadi nilai tukar, dalam media massa selalu melibatkan para awak media, khalayak pembaca, pasar, dan negara apabila masing-masing di antaranya mempunyai kepentingan. Nilai tambah produksi berita akan sangat ditentukan oleh kemampuan berita tersebut memenuhi kebutuhan sosial dan individual.
Komodifikasi intrinsic atau komodifikasi isi merupakan proses perubahan pesan dari kumpulan informasi ke dalam system makna dalam wujud produk yang dapat dipasarkan. Atau dalam penjelasan lainnya disebut sebagai proses mengubah pesan da sekumpulan data ke dalam system makna sedemikian rupa sehingga menjadi produk yang bisa dipasarkan
Komodifikasi ekstrinsik atau komodifikasi khalayak merupakan proses modifikasi peran pembaca/khalayak oleh perusahaan media dan pengiklan, dari fungsi awal sebagai konsumen media menjadi konsumen khalayak selain media. Hal inilah dari pembacaan saya sebagai istilah khalayak yang dijual kepada pengiklan. Pada proses ini, perusahaan media memproduksi khalayak melalui sesuatu program/tayangan untuk selanjutnya dijual kepada pengiklan. Terjadi proses kerja sama yang saling menguntungkan antara perusahaan media dan pengiklan, dimana peusahaan media digunakan sebagai sarana untuk menarik khalayak, yang selanjutnya di jual kepada pengiklan
Komodifikasi sibernetik terkait dengan proses mengatasi kendali dan ruang. Instrinsik komodifikasi merupakan proses media melakukan pertukaran dengan rating, sedangkan untuk extrinsic komodifikasi menjangkau seluruh kelembagaan sosial sehingga akses hanya dimiliki media.
Dalam proses komodifikasi ini, sesuatu diproduksi bukan terutama atas dasar nilai guna, tetapi lebih pada nilai tukar. Artinya sesuatu di produksi bukan semata-mata memiliki kegunaan bagi khalayak, tetapi lebih karena sesuatu itu bisa dipertukarakan di pasar. Dengan demikian orientasi produksi bukan untuk memenuhi kebutuhan objektif masyarakat tetapi lebih mendorong akumulasi modal.
Komodifikasi merujuk kepada proses penggunaan mengubah nilai-nilai ke nilai tukar, produk transformasi nilai yang ditentukan oleh, kemampuan untuk memenuhi kebutuhan individu dan sosial ke dalam nilai produk yang ada ditentukan oleh apa yang dapat dilakukan oleh media untuk dapat dibawa di pasar. Karena sebagian untuk struktur dan penekanan pada proses dan benda-benda atas hubungan di sebagian besar bagaimanapun politik, itu tersirat dalam diskusi tentang proses ekspansi kapitalis, mulai secara luas untuk menyertakan perluasan pasar global, privatisasi ruang publik, dan pertumbuhan nilai tukar kehidupan interpersonal. Dari konstruksi terhadap pencitraan suatu komoditi, biasanya dipresentasikan melaui media iklan. Iklan disini bukan hanya berfungsi sebagai sarana promosi suatu komoditi, tetapi telah menjadi komoditi itu sendiri.
Berdasarkan penjelasan Mosco tersebut, secara garis besar komodifikasi berhubungan dengan bagaimana proses transpormasi barang dan jasa beserta nilai gunanya menjadi suatu komoditas yang mempunyai nilai tukar di pasar. Dalam artian siapa saja yang memulai kapital dengan mendeskripsikan sebuah komoditi maka ia akan memperoleh keuntungan yang sangat besar. Dalam lingkup institusi atau lembaga media, para pekerja media dilibatkan untuk memproduksi dan mendistribusikannya ke konsumen yang beragam. Konsumen dalam hal ini bisa khalayak pembaca media cetak, penonton televisi, pendengar radio. Nilai tambah dari komodifikasi akan sangat ditentukan sejauh mana produk media tersebut dapat memenuhi kebutuhan individual maupun sosial.
Sepanjang penjelasannya, Mosco tidak hanya untuk menjelaskan konsep-konsep ini sebagaimana mereka telah digunakan dalam ekonomi politik kritis, tetapi untuk menyarankan bagaimana mereka dapat dikembangkan. Bab-bab dalam bukunya, menekankan luasnya ekonomi politik, menawarkan penawar yang berguna reduksionis interpretasi dari pendekatan (termasuk oleh beberapa dari pengikutnya) sebagai fokus sempit pada, misalnya, iklan dan pola kepemilikan. Kemudian Mosco menempatkan "politik" kembali ke ekonomi politik, misalnya, kita harus memperhatikan peran Negara dalam "konstitusi bersama" hubungan sosial, ketimbang memperlakukannya sebagai pasif mendaftar dari "eksternal" kelas ekonomi atau penekan.
Sepanjang, dalam menyoroti dimensi moral, kritik ekonomi politik media yang dapat digali dalam buku ini. Namun Mosco telah membuat sebuah pencerahan yang berarti, baik untuk memenuhi kebutuhan dan kemungkinan demokratisasi didalam komunikasi. Sebagai studi dan praktik ekonomi politik komunikasi, Karya The Political Economy Communication merupakan sebuah sumberdaya yang tak ternilai bagi para aktivis serta mahasiswa dan cendekiawan yang menggeluti keilmuan ini.

5 komentar:

  1. ass. mohon bantuannya pak/buk/ abg/ ka2k/ dimana saya bisa temui buku vicent mosco tersebut?

    BalasHapus
  2. dear mbak, saya ada buku versi pdfnya kalau mau.
    silahkan hubungi saya di email saya, md.rina13@gmail.com

    BalasHapus
  3. maaf, ini hanya sampai komodifikasi yah. ada nggak pembahasan spasialisai dan strukturasinya?

    BalasHapus
  4. kak mohon info apakah ada edisi pdf terjemahannya

    BalasHapus